Mengenal Equity Crowdfunding, Cara Kerja dan Platform Terbaik Rekomendasinya

Mempromosikan bisnis ke venture capital mungkin tidak cocok untuk wirausahawan pemula atau usaha berskala kecil, tetapi equity crowdfunding dapat membantu Anda menemukan investor terakreditasi dan konsumen sehari-hari yang bersedia mendukung perusahaan Anda.

Hal ini dikarenakan investasi equity crowdfunding berarti investor menyediakan pendanaan usaha kecil untuk saham di perusahaan Anda. Ini berbeda dari equity crowdfunding berbasis penghargaan, yang memberikan penghargaan kepada pendukung (seperti produk atau layanan) sebagai imbalan atas donasi keuangan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai equity crowdfunding ini, mari simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu equity crowdfunding?

Equity crowdfunding adalah salah satu dari beberapa cara bisnis dapat meningkatkan investasi. Metode lain yang lebih tradisional termasuk mengambil pinjaman atau mencari investasi kelembagaan. Namun berbeda dengan metode tradisional ini, kampanye equity crowdfunding biasanya dilakukan di platform pihak ketiga yang “menjadi perantara” investasi antara perusahaan dan investor.

Urun dana ekuitas tidak seperti jenis pendanaan usaha kecil lainnya karena tidak memiliki komponen hutang. Daripada melakukan pembayaran untuk pinjaman bisnis, Anda memberikan saham perusahaan Anda kepada investor. Dengan kata lain, equity crowdfunding atau urun dana ekuitas memungkinkan sekelompok orang (kerumunan) untuk berinvestasi di perusahaan yang tidak terdaftar di pasar saham, dan menerima saham (atau ekuitas) di perusahaan tersebut sebagai imbalan. Equity crowdfunding juga dikenal sebagai investasi investasi modal kecil terpercaya.

Bagaimana cara kerjanya?

Equity crowdfunding terjadi pada platform crowdfunding. Anda memilih platform, lalu membuat profil online yang menyertakan promosi Anda dan informasi bisnis terperinci, seperti laporan keuangan dan riwayat bisnis, yang membantu investor mengevaluasi potensi pertumbuhan. Pada akhirnya, investor akan menentukan peluang bahwa saham perusahaan akan terapresiasi dari waktu ke waktu. Adapun setiap peluang equity crowdfunding berbeda tujuan dan ketentuan setiap kampanye akan ditetapkan oleh perusahaan yang mencari investasi.

Detail peluang – termasuk jumlah investasi minimum dan lamanya waktu orang harus berinvestasi – harus tersedia di platform crowdfunding yang menyelenggarakan kampanye. Jika Anda membutuhkan investasi yang lebih besar, Anda dapat mengumpulkan dana secara bertahap selama beberapa tahun.

Setelah berinvestasi, orang yang menerima saham di perusahaan memiliki kepemilikan sebagian. Artinya, jika perusahaan berkinerja baik, nilai sahamnya akan meningkat, dan investor akan berdiri untuk meraup untung. Namun, jika kinerja perusahaan buruk, nilai sahamnya akan turun, dan investor bisa saja menanggung kerugian.

Untuk siapa equity crowdfunding?

Equity crowdfunding syariah Indonesia adalah pilihan untuk bisnis dengan potensi pertumbuhan yang kuat. Ini untuk wirausahawan yang ingin membawa bisnis kecil mereka ke level berikutnya dengan memperluas pasar atau menawarkan lebih banyak produk.

Siapa yang bisa berinvestasi?

Pendanaan berasal dari investor melalui platform online yang aman. Investor dapat diakreditasi (artinya mereka memenuhi persyaratan aset dan pendapatan) atau konsumen sehari-hari, termasuk keluarga, teman, dan mitra bisnis yang optimis terhadap kesuksesan perusahaan Anda. Namun, investor terakreditasi cenderung tetap menggunakan perusahaan dengan pertumbuhan tinggi seperti startup teknologi, sehingga bisnis kecil rata-rata mungkin lebih beruntung menarik kerabat atau kenalan dengan crowdfunding Indonesia OJK.

Rekomendasi Terbaik Platforim Equity Crowdfunding

Investasi dengan skema equity crowdfunding memang menghasilkan keuntungan yang menarik bagi para investor. Walau begitu, risiko kegagalan investasi juga sama tingginya. Selain investasi dengan sistem equity crowdfunding, mungkin kamu juga dapat melirik investasi Peer to Peer (P2P) Lending. Nah, salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending yang aman dan tepercaya saat ini adalah Amartha.

Sebagai informasi, Amartha adalah perusahaan pionir dalam layanan fintech peer to peer lending (P2P) yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 500.000 perempuan di seluruh penjuru Indonesia telah menjadi mitra Amartha untuk diberdayakan.

Sudah berizin usaha dan diawasi OJK, Amartha merupakan Peer to Peer (P2P) Lending yang menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan, teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.

Dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya juga dapat diambil kapan saja. Oh ya, Amartha juga menerapkan sistem pendanaan berkelompok seperti equity crowdfunding. Hal ini dilakukan untuk memperkuat semangat gotong royong antara mitra maupun para pendana.

Posted on

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *